Keindahan Bunga Sakura



Sakura merupakan bunga nasional negeri matahari terbit yang ditanam dimana-mana, mulai  dari halaman istana, taman, pekarangan rumah dan kantor, hingga pinggiran jalan. Sakura menjadi simbol spiritual bagi warga Jepang untuk perumpamaan banyak hal, seperti perempuan dan kehidupan. Sakura juga melambangkan persahabatan, ketika Tokyo menghadiahkan 3.000 pohon sakura untuk Washington DC pada 1912.
Sakura adalah simbol kehidupan yang tidak kekal karena bunga tersebut hanya mampu bertahan mekar dalam beberapa hari saja dan kemudian habis rontok. Bunga yang juga terkenal dengan nama cherry blossom tersebut, tidak bisa dinikmati sepanjang tahun selayaknya bunga-bunga biasa. Ia hanya bermekaran pada musim semi yang biasanya terjadi pada awal hingga akhir April. 



Tapi, ada yang unik soal waktu mekarnya sakura. Rupanya, waktunya berbeda disetiap lokasi walau sama-sama bermekaran dalam bulan yang sama. Karena itu, Jepang sudah memiliki peta kapan sakura bermekaran diseluruh penjuru negeri sepanjang April sehingga mereka tahu kemana harus berkunjung untuk menikmati keindahan bunga ini. Ada begitu banyak taman yang tertulis didalam peta tersebut. Antara lain, Yoyogi Park, Meguro River, Shinjuku Gyoen, Ayama Bochi, Kitanomaru Park, Eno Park, Sumida Park, dan puluhan tempat lainnya.
Ketika bermekaran, bunga ini terlihat dimana-mana dan mendominasi di setiap pohon dengan hanya meninggalkan satu-dua daun saja. Kabarnya, daun-daun muda akan bermunculan tatkala seluruh bunga sudah habis rontok. Indah sekali untuk dipandangi, tergantung jenis spesiesnya.
Ada bunga sakura yang berwarna putih kemerahjambuan, kuning muda, hijau muda, merah menyala, dan merah jambu. Namun, yang mendominasi seluruh Jepang adalah merah jambu. Warna ini dihasilkan oleh pohon sakura jenis Somei Yoshino yang dikembangkan pada 1860-an, ketika masa pemerintahan Keshogunan Tokuhawa yang terkenal dengan istilah zaman Edo.
Bunga yang berguguran terlihat menutupi permukaan tanah dibawah pohonnya. Rupanya, sakura merupakan bunga yang sangat lembut dalam sentuhan, dan lebih lembut daripada bunga mawar.

Musim sakura bermekaran adalah masa dimana Jepang akan memanen begitu banyak turis dari seluruh dunia. Jepang paham sekali bagaimana menjual daya tarik bunga yang menghasilkan buah ceri yang tidak enak dimakan tersebut. Tidak hanya menjadi pohon utama penghijauan, tapi motif sakura menghiasi segala macam beda, mulai dari hiasan di bandara, papan reklame, pakaian, barang elektronik, hingga aneka pernak-pernik yang menjadi oleh-oleh khas Jepang. Padahal, sakura sebenarnya tidak hanya tumbuh di Jepang. Tidak perlu jauh-jauh, sakura juga ada di Taman Cibodas, Puncak, Jawa Barat.
Ketika berjalan-jalan di Tokyo Midtown, sebuah kawasan bisnis di Tokyo, banyak sakura memenuhi ranting-ranting pohon di sebuah taman, hingga pohon yang berjajar di pinggir jalan. Sedangkan di sampingnya terdapat sebuah tempat nongkrong luar ruangan yang asyik sekali duduk di sana sambil memandangi sakura yang bewarna putih kemerah-merahan tersebut. Banyak keluarga yang asyik berekreasi di bawah sejumlah pohon sakura. Ini namanya Hanami, atau piknik dibawah sakura. Kegiatan Hanami ini sudah lazim dilakukan oleh orang Jepang ketika bunga sakura sedang bermekaran. Ada yang datang berpasangan, namun tidak sedikit yang piknik dengan keluarga besar sambil menggelar alas, lalu duduk santai sambil menikmati makanan yang dibawa.
Orang Jepang juga punya banyak istilah untuk menunjukkan tingkat kemekaran bunga sakura. Ketika sakura mulai akan mekar, orang Jepang memakai istilah ‘kaika’. Saat mulai bermekaran, namanya ‘ichibuzak’. Sedangkan untuk yang sudah mekar seluruhnya, namanya ‘mankai’. Pohon sakura yang bunganya mulai berguguran yang ditandai dengan munculnya daun muda disebut ‘ichibu hazakura’. Sedangkan istilah ‘hazakura’ dipakai untuk pohon sakura yang seluruh bunganya sudah habis jatuh.
Pemandangan yang indah diseluruh Jepang apabila bunga sakura bermekaran. Siraman cahaya lampu yang dipasang khusus disekitar pohon, membuat bunga-bunga tersebut terlihat indah.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh chuwy. Diberdayakan oleh Blogger.