Analisis Gaya Kepemimpinan Perusahaan Mc'Donald
Kisah Mc’Donald

Tahun 1937-an, masyarakat Amerika mulai gandrung dengan mobil, kakak beradik Dik & Mor berinovasi dengan membuka kedai khusus yang bisa memesan dari mobil. Bisnis meraih sukses besar.Menu andalan adalah hot-dog, gorengan (french fries), burger, roti sandwich, coca cola dan aneka salad. Bisnis ini meledak, bahkan antrian semakin panjang hingga keluar pintu. Inovasi dilakukan yaitu dengan menghapus pesanan dari mobil, fokus pada walk-up customer, mengurangi daftar menu, fokus pada hamburger. Perubahan menjadi berita di media, dan mereka mendapatkan iklan gratis. Tahun 1955, usaha mereka stuck, omsetnya tetap, dan banyak pendatang-pendatang baru yang meniru. Akhirnya usaha itu mengalami kemunduran.
Adalah Ray Kroc yang menuangkan semua konsep yang ada di kedua kepala kakak beradik itu ke dalam sebuah manual tertulis McDonald’s system. Manual itu dibeli dan ia pun mendapat hak untuk memperluas bisnis McDonald’s dengan konsep franchise! Dalam tempo 4 tahun, Ray Kroc berhasil membuka 100 cabang Mc Donald’s tanpa modal sama sekali. Semuanya dibiayai oleh para franchise.
Dari kisah tersebut, dapat diambil beberapa poin pertanyaan:
Leave a Comment