Speedy Home Monitoring

Oke, sebelumnya aku mau jelasin tentang Internet of Things terlebih dahulu. Dia adalah, Kevin Ashton yang mengemukakan tentang Internet of Things pada tahun 1999 pada sebuah presentasinya, menurutnya ini akan menjadi hal yang besar dan banyak diimplementasikan pada kehidupan manusia. Dan benar apa yang telah ia pikirkan, saat ini beberapa perusahaan besar seperti Microsoft, Intel sudah mengembangkannya. Namun, belum ada pengertian yang pas untuk Internet of Things ini, tapi bisa diterjemahkan sebagai “Benda-benda yang ada disekeliling manusia yang bisa saling berinteraksi dengan adanya jaringan seperti internet”.

Banyak produk yang menggunakan Internet of Things, seperti:
  • ·         Google glass
  • ·         Barcode
  • ·         QR code (Quick Response Code)
  • ·         Speedy Monitoring

Nah,, yang akan dibahas iyalah tentang Speedy Home Monitoring. Teknologi ini diluncurkan oleh Telkomsel, alat untuk monitoring, dan merekam situasi di suatu tempat yang memiliki IP camera dan menghubungkannya ke jaringan Speedy telkomsel untuk selanjutnya bisa diakses dari desktop atau gadget kita secara live streaming dengan adanya koneksi internet. Jadi, kita bisa memantau rumah kita meskipun kita tidak ada didalam rumah.  Jadi kita bisa merasa aman bila pergi meninggalkan rumah.

Mengapa Speedy Home Monitoring ini bisa dikategorikan sebagai Internet of Things?
  • ·         Adanya jaringan internet yang menghubungkan antara kamera lalu dikirim ke jaringan hingga kemudian dikirim ke gadget atau web browser Speedy Home Monitoring. Yaa, itulah indikator utama suatu barang/benda dikategorikan sebagai Internet of Things.

  • ·         Kita dapat mengendalkan Speedy Home Monitoring dimana saja, dan kapan saja melalui perangkat yang mempermudah kita dalam memantau situasi rumah. 
q     Ini adalah contoh penggambaran Speedy Home Monitoring



Oh ya, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan Speedy Home Monitoring, yaitu:
  • ·         Memantau keadaan rumah

Banyak dari kita yang meninggalkan rumah berjam-jam untuk bekerja, dengan Speedy Home Monitoring, kita bisa memantau kondisi rumah kita dimanapun kita berada, hal ini termasuk juga, mengawasi pergerakan anak-anak, mengawasi hewan peliharaan atau keadaan orang tua dirumah, apakah semua kondisi terjadi baik-baik saja.
  • ·         Memantau keadaan kantor/perusahaan

Adanya satpam penjaga tidak menjanjikan kantor/perusahaan aman dari hal-hal yang buruk, dengan menggunakan Speedy Home Monitoring, kita bisa memantau ruangan-ruangan yang kita inginkan dan bisa langsung mengakses di web selama 24 jam. Tentu hal ini tidak bisa dilakukan jika hanya mengandalkan satpam saja, bukan?

Apa sajakah kelebihan Speedy Monitoring ini ?
  • ·     Perekaman dilakukan terpusat dan tersimpan pada data center sehingga data tersebut aman dan tidak akan rusak.
  • ·       Dapat mengakses hasil monitoring di web browser atau gadget.


Apa sajakah fitur yang tersedia di alat Speedy Home Monitoring ini?
  • ·         Motion Detect

Dengan adanya Motion Detect mendeteksi apakah ada “tamu” tak diundang dan apakah anak-anak sudah kembali kerumah setelah bersekolah atau aktifitas lainnya di luar rumah. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita dapat mengambil tindakan yang cepat dan tepat.
  • ·         Share Camera

Para pengguna alat Speedy Home Monitoring ini bisa saling bertukar video rekaman dengan fitur ini.
  • ·         Email Alert

Email peringatan yang dikirim ke email kita untuk memberitahukan mengenai kuota akun yang mendekati batas maksimal storage.
  • ·         Live View

Untuk melihat tayangan realtime.
  • ·         Auto Record

Untuk melakukan perekaman secara otomatis, mengenai waktu perekaman.
  • ·         Download Recorded Video

Untuk mendownload hasil perekaman.


Pasti terlintas pertanyaan dibenak kita, “Apa yang membedakan Speedy Home Monitoring dengan CCTV ?”
           Speedy Home Monitoring dapat diakses dimanapun dan kapanpun, baik melalui web browser atau gadget kita selama ada jaringan internet, dan kita tidak perlu memusingkan mengenai penyimpanan data, pengadaan server, peng-“install”an aplikasi ,karena itu semua sudah diatur oleh telkomsel. Hal ini jelas berbeda dengan CCTV pada umumnya, dimana kita menyediakan penyimpan data dan lain-lain sendiri. Jadi bisa diistilahkan sebagai “CCTV Masa Kini”.

Tentunya teknologi ini harus terus berkembang sesuai tuntutan zaman, seperti pendeteksian wajah, perhitungan jumlah manusia, pendeteksian suhu tubuh dan lain-lain, agar para pengguna merasa puas, karena semua yang mereka inginkan dalam teknologi  Speedy Home Monitoring ini dapat membantu aktifitas pemantauan.


Sumber : http://www.monitoring.telkomspeedy.com/shm/
              http://teknojurnal.com/definisi-internet-of-things/

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh chuwy. Diberdayakan oleh Blogger.