Konsep Teknologi Sistem Cerdas dan Contohnya

    Saat ini dunia memiliki era komputerisasi, teknologi terus berkembang dengan pesat setiap saat,dengan berkembangnya tersebut bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, bisa dilakukkan dengan menggunakan komputer atau bahkan dikerjakan oleh komputer. Bahkan saat ini para ahli berlomba-lomba membuat teknologi yang diarahkan untuk mengikuti cara berpikir manusia. Teknologi tersebut dinamakan Artificial Intelegence (AI) atau kecerdasan buatan. Banyak produk atau teknologi yang telah berkembang dari sistem kecerdasan ini.


Pengertiaan Artificial Intelligence (AI)
    Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

    Penerapan sistem cerdas di Sistem Informasi Manajemen dapat berupa Expert System dan Decision Support System.
Pengertian Expert Sytem

    Sistem pakar (Expert System) adalah sistem informasi yang berisi pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi.
    Kepakaran (Espertise) adalah pengetahuan yang ekstensif dan spesifik yang diperoleh melalui rangakaian pelatihan, memaca dan pengalaman yang dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan lebih cepat daripada non-pakar dalam memecahkan problem yang kompleks. Tujuan sistem pakar adalah untuk mentransfer kepakaran dari seorang pakar ke komputer, kemudian ke orang lain(yang bukan pakar).


  Pengertian Decision Support System

    Sistem pendukung keputusan (Decision support systems) DSS adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
    Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktus yang spesifik.
    
    Dengan kedua sistem tersebut diharapkan manajer dapat menggambil keputusan yang tepat bagi perusahaan. 


Contoh sistem cerdas

    Speech Recognition  adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk menerima input atau masukan berupa kata-kata yang diucapkan, lalu mengenali kata-kata yang diucapkan  tersebut secara digital lalu mencocokkan sinyal dengan suatu pola tertetu sehingga muncullah tulisan yang berguna sebagai perintah terhadap komputer/teknologi tersebut.

    Dalam menggunakan speech recognition  harus dengan pengucapan yang sebenarnya dari kata atau kalimat yang dimaksud.

Pengenalan suara sendiri terbagi menjadi 2, yaitu :
  • Pengenalan pembicara (identifikasi suara berdasarkan orang yang bericara)
  • Pengenalan ucapan ( identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan)

  Contoh penerapan nya adalah penelusuran suara milik google. Teknologi ini memungkinkan pengguna google untuk mencari informasi yang diinginkan hanya dengan mengucapkan kata atau kalimat yang dimaksud dengan suara yang keras.

   

Caranya : 
  • Unduh & pasang google chrome
  • Buka chrome & kungjungi google.com
  • Klik mikrofon di kotak penelusuran lalu bicara.


Untuk smartphone sudah tersedia aplikasi penelusuran suara google yang bisa diunduh di playstore / app store

Tujuan penelusuran suara google :
  • Penelusuran yang sulit dieja
  • Penelusuran lebih panajng
  • Penulusuran jadi lebih menyenangkan & mudah
  • Menelusuri tanpa mengetik.
 Sumber : wikipedia.com

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh chuwy. Diberdayakan oleh Blogger.